BUNGA SAKURA DI BERLIN

BUNGA SAKURA DI BERLIN

Ada bunga sakura mekar tumbuh di sekitar tempat tinggal saya, sebuah gedung apartemen di kawasan Friedrichsschain Berlin. Dulunya wilayah ini termasuk Berlin Timur.

Di Jerman ada bunga sakura mekar? Ya, tapi hanya ada di kota Berlin.

Dulu setelah tembok Berlin dirubuhkan di tahun 1989, stasiun televisi Jepang Asahi mengajak para penontonnya untuk berdonasi dalam rangka penanaman pohon sakura untuk kota Berlin.

Jepang memang pernah menanam pohon sakura di beberapa negara, sebagai bentuk tanda persahabatan. Salah satunya di Washington DC, lokasinya berada di kawasan Washington Monument, yang ada tugu Obelisknya itu.

Penanaman pohon sakura di Berlin adalah sebagai hadiah Reunifikasi, antara Jerman Barat dengan Jerman Timur.

Akhirnya, 900 pohon sakura ditanam di dua kawasan titik utama di wilayah kota Berlin. Dan pohon-pohon tersebut bisa berbunga di tiap musim semi.

Pada setiap tahunnya, dibulan April atau Mei, diadakan festival untuk merayakan Persahabatan Kebudayaan dengan negara Jepang, dan diadakan di tempat tempat tersebut.

Sekitar 10 hari lamanya, biasanya masyarakat kota Berlin bisa menikmati suasana surealis ini. Tapi oleh karena ada kondisi wabah Corona sekarang, dan Berlin dalam situasi lock down, tentunya tahun ini akan berbeda.

Menurut berita, Festival Sakura di Jepang tahun ini juga ditiadakan. Hal ini juga dampak dari pandemi Corona.

Walaupun Festival Sakura tidak diadakan, kemungkinan besar masih ada orang-orang yang akan mengunjungi tempat-tempat tersebut, puncak kemekaran bunga sakura hanya sekitar 3 – 7 hari.

Karena hanya di situlah, satu satunya di Jerman tempat kawasan “kebun” bunga sakura, dan mekarnya selalu ditunggu tunggu banyak orang. Salaam.

Yusuf Al Azhar
Alumni SMA BIAS  2013
Kuliah di Fakultas Kultur- und Medienwissenschaft

Humboldt Universtät zu Berlin

 

MUSLIM DI JERMAN DAN KONSPIRASI Beberapa waktu lalu Ayah saya pernah mengirim beberapa kisah tentang orang orang Indonesia di

ANTARA TEKNIK DAN HUMANIORA Pada suatu hari, saya sedang mengunjungi acara kumpul-kumpul mahasiswa Indonesia di

GALERI

Hubungi Kami
Lembaga Pendidikan Islam Terpadu
Bina Anak Sholeh Yogyakarta

Komplek Perkantoran BIAS 
Jl. Wirosaban Barat No. 6
Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta 

Telepone 0274 – 410 350
Email Sibibias@gmail.com

Informasi Tentang
Lembaga
Penerimaan Siswa Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.